Tentang Mesin Grand Livina

Kali ini saya akan bahas Tentang Mesin Grand Livina, kebetulan mobil saya adalah Nissan Grand Livina 1.5  tahun 2012. Saya akan share beberapa hal mengenai mobil Nissan Grand Livina. Nissan GL ini cukup irit, untuk luar kota Jakarta/Depok, dengan Pertamax, konsumsinya bisa mencapai 1:18, 1 liter 18km. Untuk pemakaian dalam kota rata-rata 1:14.  Tentunya cara mengemudi dan tekanan ban berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

Awal kenapa pilih Nissan Grand Livina adalah, mencari mobil keluarga yang muat lebih dari 5 orang, tapi "rasanya" seperti sedan, karena sebelumnya saya memang bawaannya sedan. Setelah sempat punya mobil keluarga sejuta umat itu, dan kurang puas (sebenernya karena badan jadi pegel-pegel kalau bawa jarak jauh mobil type sejuta umat itu), saya memutuskan untuk tidak pakai lagi mobil sejuta umat itu.... pilihannya jatuh ke Nissan Grand Livina, setelah menunggu Evalia dan Ertiga gak nongol-nongol waktu itu.

 

Langsung saja, yang harus diperhatikan Tentang Mesin Grand Livina adalah :

1. Oli Mesin, WAJIB cek 2 minggu sekali atau setiap 300-500km.

Apalagi jika Anda menggunakan Oli standard Nissan yang semi atau syntetic, maka kemungkinan besar penguapan terjadi. Dan mesin akan kekurangan oli, cukup beli oli 10-30W, lalu tambahkan.  Patokannya, dari stik indikator oli, antara MIN - MAX itu selisihnya 1 liter. Jadi jika Oli anda sudah MIN, artinya anda harus tambahkan kira-kira 1 liter.

2. Aki, umur Aki Nissan Grand Livina berkisar 12-15 bulan

Aki Nissan Grand Livina ini termasuk yang boros. Dengan pemakaian normal, rata-rata umur Aki sekitar 1 tahun, jadi siap-siap anggarkan untuk beli Aki setiap tahun. Tahun lalu, di Shop&Drive ada aki dengan garansi 18 bulan, jika menemukan promo ini lagi, jangan ragu-ragu beli. Pastikan beli Aki free maintenance dgn garansi 18 bulan, dan pastikan Anda mengecek ke S&D 3 bulan sekali agar garansi tidak hangus.

 

Diluar 2 hal tersebut, hampir tidak ada masalah dengan Nissan Grand Livina.  Berikut ini daftar sparepart lain yang sudah saya ganti (diluar penggantian menurut buku service rutin), berikut waktu penggantiannya :

1. Plat Kopling --> ganti setelah 3.5 tahun (52rb km), biaya : 2.6jt di bengkel resmi

2. Wiper kaca depan --> ganti setiap tahun