Ganti Kopling Nissan Grand Livina

ganti kopling nissan grand livina

Seperti biasa sebelum mudik, mobil Nissan Grand Livina kami, kami persiapkan dari jauh-jauh hari. Mulai dari ganti ban, balance spooring, tune-up, ganti karet-karet kaki-kaki... dan yang dengan terpaksa harus ganti kopling, karena sudah tipis dan ada kemungkinan akan bermasalah jika dipaksa dipakai jarak jauh.

Nissan Grand Livina kami, keluaran Feb 2012, berarti sudah 3 tahun 4 bulan (per hari ini 1 Juli 2015), dengan pemakaian sekitar 53ribu km.

Hal pertama yang saya lakukan adalah melakukan survey, setelah tanya ke 3 BERES Nissan (Bengkel Resmi Nissan di Depok, Cinere, Bintaro), semua sama... yaitu biayanya sekitar 2.520.000 atau sekitar 2,6jutaan (ganti kopling lengkap, sudah termasuk minyak rem, dan PPN)

 

Saya juga sempat tanya ke bengkel 'biasa' tapi khusus Livina di Pusat Onderdil Pondok Cabe... harga 1 set kopling lengkap orisinal : Rp. 1.550.000,- (di toko lain Rp. 1.600.000,-), dan ongkos bongkar pasang Rp. 500.000,- (setelah ditawar2 dari sebelumnya 600rb), belum termasuk minyak rem dll, plus tempatnya panas (sumuk), gak ada tempat tunggu yg layak.  Jadi kalau ditotal sekitar : 2,3jt - 2,4jt rupiah (dan harus cash :-) )

Akhirnya saya putuskan untuk menggantinya di BERES Nissan Cinere, dengan pertimbangan :

1. Harga tidak selisih jauh dengan bengkel biasa, lebih mahal tapi hanya selisih 200-300rb.

2. Sparepart lebih terjamin, walau di bengkel biasa mereka juga berani jamin, tapi ya hanya jamin lisan hehe..

3. Selama ini Nissan GL saya service rutin di beres Nissan Cinere

4. Bisa bayar pake CC

5. Tempat tunggunya adem pake AC, ada sofa empuk dan bersih, ada kursi pijat, ada wifi, mushola bersih, dan ada kopi n snack (sayang lagi puasa)

6. Ada garansi, jika ada masalah tinggal bawa balik dan tidak bayar lagi (kecuali ada sparepart lain yg harus di ganti)

 

Biaya Ganti Kopling Nissan Grand Livina :

Biaya Ganti Kopling Nissan Grand Livina Bengkel Resmi