Articles

Bagaimana teknologi membantu Anda bekerja secara remote pada saat liburan? #remotework

Saya akan bercerita bagaimana teknologi membantu Anda bekerja secara remote pada saat liburan.

remoteworkTahun 2000, saat itu saya memulai karir saya sebagai developer, bekerja di sebuah perusahaan asing, dimana saya terpaksa menggotong-gotong pc saya ke tempat client, dan jika saya harus akses internet di kantor, saya harus bawa pc saya tersebut ke kantor, lalu akses internet, dan besoknya bawa pc lagi ke client.  Bisa dibayangkan ?  tapi hal itu adalah hal lumrah saat itu, merepotkan, tapi lazim... haha...

Lalu, saya nekat beli laptop seharga 17 juta tahun 2000, pentiumIII dengan RAM 256MB, HD 500MB... sudah dianggap dasyat saat itu.  Lalu dibarengi dengan munculnya akses GPRS pertama di Indonesia dari im3 dan HP siemens S46... Apalagi didukung teknologi replikasi Lotus Notes,  maka dimulainya saya bisa bekerja remote #remotework.

 

OK... saya tidak akan cerita lebih jauh tentang nostalgia saya, dijamin Anda akan mengantuk lebih cepat dari biasanya :-)

Now. How is technology helping you work remotely this holiday season? #remotework

OK, sebelum kita bicara bagaimana teknologi membantu Anda bekerja remote saat liburan, bahwa Anda harus pastikan bahwa pekerjaan Anda bisa dikerjakan via laptop/smartphone.  Jika tidak, lupakan kerja #remotework.

Jika Anda bekerja sebagai montir bengkel, satpam, perawat, dokter, pemadam kebakaran, petugas tol, petugas kebersihan, karyawan karaoke, juru masak, masinis, pilot, pramugari dan semua pekerjaan yang membutuhkan kehadiran fisik diri Anda, lupakan dulu #remotework.  Mungkin 10 tahun lagi, petugas pemadam kebakaran cukup buka android, lalu remote robot untuk memadamkan kebakaran.

Jika Anda bukan bekerja seperti yang saya sebutkan diatas, yuk mulai kita siapkan liburan, iya siapkan liburan dulu... baru kita siapkan bagaimana kita #remotework.

Ready ? Booking tiket dan hotel sudah ? 

Saya akan men-set fitur 'out of office' di email bisnis saya, sehingga sender akan mendapatkan notifikasi dan aware bahwa saya sedang 'liburan', biasanya fitur 'out of office' akan sekaligus mengupdate calendar saya, memblok schedule saya di calendar sehingga orang tidak bisa meng-invite saya untuk sebuah meeting.

Berikut ini daftar teknologi wajib yang membantu Anda bisa #remotework saat liburan :

1. Laptop / Smartphone

Jika tidak ada laptop/smartphone - berarti Anda benar-benar liburan. Titik.

2. Koneksi Internet

Jika tidak ada koneksi internet, berarti kemungkinan besar laptop/smartphone Anda tidak berguna atau Anda hanya bisa buka file offline atau mengerjakan pekerjaan offline yang sebenarnya bisa Anda kerjakan nanti setelah pulang dari liburan. Membawa laptop/smartphone perkara mudah. Memastikan Anda mendapatkan koneksi internet di tempat Anda liburan - sometimes, bukan perkara mudah.

Jika Anda liburan di dalam negeri, coba cek apakah provider GSM Anda sinyalnya ada di tempat liburan Anda ? jika tidak, bawa sinyal dari rumah. Maksudnya beli simcard provider lain yang menjangkau tempat liburan Anda.

Jika Anda liburan ke luar negeri, coba cek dulu di provider Anda, apakah ada paket internet yang murah di negara tujuan liburan Anda. Jika tidak ada, cari provider lain, jika tidak ada yang murah, beli simcard di negara tujuan (google dulu apakah membeli simcard di negara tujuan semudah kita membeli simcard prabayar di negara kita)

 

3. Aplikasi Instant Messaging atau Video Call atau Online Meeting

WA, BBM, Skype, Line... whateverlah yang biasa dipakai buat texting, gak perlu saya jelaskan cara penggunaannya disini.  Yang biasa saya lakukan adalah, saya set di profile saya : "On vacation, sorry  for late response" :-)

Ohya... pastikan ditempat Anda berlibur, ada listrik untuk mencharge laptop atau smartphone Anda.

 

Trus kerjanya gimana ?

mmhhh.. harus saya ajarin juga disini ?